Satu tahun lalu: ketika semua bisa menjadi semakin hambar

Panji Nandiasa
1 min readJan 3, 2024

--

2020 konon membuat konsep akan waktu semakin samar. Ditambah lagi, bekerja di wilayah pendidikan, semua ini terasa semakin cepat dan tidak terasa.

Sebenarnya saya mau bicara tentang satu tahun lalu, ada momen ketika saya ingin belajar film di akademi Arkipel. Saya perlu menjadi pembuat film yang baik karena ada sambungannya pada potensi saya bisa menjadi pengajar pembuatan konten yang lebih baik juga kemudian.

Pada akhirnya rencana ini batal karena saya harus mengisi kelas yang dosennya tiba-tiba berhalangan karena masalah kesehatan. Mata kuliah yang waktu itu jauh dari kata saya kuasai.

Selain soal batalnya saya berkegiatan di luar, dan kelas ini diselenggarakan di hari Sabtu, ada hal-hal yang waktu itu dan sampai saat ini saya takutkan. Ketika wajah-wajah yang saya temui menjadi sambil lalu saja.

Semua menjadi sekadar rutinitas dan tidak ada roh di dalamnya, dalam hal ini interaksi dan bagaimana saya bekerja.

Tentu saja kalau mau ditarik sekarang, semua ada hikmahnya, bagaimana saya jadi lebih mampu untuk materi yang dimaksud dan bagaimana saya menjadi sering ketemu wajah-wajah ini. Namun tetap saja.

--

--

Panji Nandiasa

Tulisan-tulisan impulsif dan reaktif. Catatan menjadi, dan pengingat tidak ingin jadi apa. Dapat didukung pada halaman karyakarsa.com/pnnji