Baru saja menerbitkan tulisan saya terbaru sebagai userstory di Kumparan yaitu tentang Hometown Cha-Cha-Cha.

Ada beberapa hal yang saya anggap menarik dalam serial ini antara lain:

Maktub

I plan to do this thing since I think it’s just needed: having contents of my own.

And lately, I overheard a friend’s thought, day after we had sharing…

Always expect too much.

Thought this gonna be some promising gig.

Turns out just another episode of incompatibility.

Time to move on and focus I guess.

Hari-hari di mana kajian film makin jadi sesuatu yang keren -cek pengumuman daftar shortlist FFI dan pembicaraan seputarnya. Gue keinget presentasi dari seorang kepala pendidik di sebuah acara yang ketika ditanya soal kajian film di kampusnya jawabnya gak nyambung -big data segala macem. …

Bakal sering rehat

Menyenangkan kenal banyak orang baru di media sosial. Tapi belakangan, apa yang diresonasikan dalam bentuk curhat oleh sebagian dari mereka mengingatkan akan apa yang pernah gue rasakan saat masuk dunia film. Rasa-rasanya untuk kembali mengingat hal tersebut merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, bahkan untuk sekadar berempati pun.

Seperti yang pernah gue tulis dalam wadah ini, perlahan gue telah lepas dari kegiatan pemutaran film. Hal ini pada dasarnya lebih karena keadaan yang tidak diinginkan oleh gue pribadi.

Setelah diberi kesempatan berpikir melali pandemi, beristirahat dan lebih banyak memikirkan seputar masa depan, saya pun cendrung merasa lega telah lepas…

Lima Hari Maraton 5 Musim Attack on Titan

Ambil foto sendiri karena sebelumnya submit foto anime di artikel ditolak redaksi karena hak cipta, tapi abis itu ditolak juga jadi ya udahlah.

Pekan lalu saya coba menyempatkan diri melanjutkan nonton Attack on Titan, serial animasi Jepang (anime) adaptasi dari komik Jepang (manga) karya Hajime Isayama. Sebuah anime yang gaungnya amat terasa, apalagi bagi mereka yang lumayan bersentuhan dengan berbagai individu pengikut budaya populer. Sesungguhnya…

The time human gets comfortable being a middlemen

The time human gets comfortable being middlemen, the will start to getting careless about how things would lead to progress.

What they…

Sering kali diingatkan kalau eksposur pertumbuhan pribadi tidak selalu seindah apa yang bisa dicapai konsep AKB/JKT48 yang didukung oleh orang banyak karena melihat mereka bertumbuh, rutin berlatih, belajar dan jadi lebih baik lagi hari demi hari.

Pernah saya ketemu posting Tiktok tentang kecendrungan orang yang lama kenal dengan kita dan…

Ada sebuah pandangan tentang cerewetnya mulut perempuan dan bagaimana perempuan tidak bisa diam. Apabila ada mitos yang terbukti salah dengan adanya teknologi khususnya teknologi komunikasi, salah satunya yaitu mitos tersebut.

Telah lama ditelaah fenomena podcast dan banyaknya para laki-laki membuat podcast telah membuktikan rapuhnya mitos ini. Itu satu hal. Hal…

Panji Nandiasa

Tulisan-tulisan impulsif dan reaktif. Catatan menjadi, dan pengingat tidak ingin jadi apa.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store