Bakal sering rehat

Menyenangkan kenal banyak orang baru di media sosial. Tapi belakangan, apa yang diresonasikan dalam bentuk curhat oleh sebagian dari mereka mengingatkan akan apa yang pernah gue rasakan saat masuk dunia film. Rasa-rasanya untuk kembali mengingat hal tersebut merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, bahkan untuk sekadar berempati pun.

Gue masuk dunia ini di usia dua puluhan, dan mulai menyeriusinya lewat pertengahan usia dua puluh, itu pun masih cetek-cetek. Baru setelahnya kemudian gue belajar berbagai hal, dari soal membaca film dan beberapa hal krusial mengenai ilmu sosial dan sebagainya.

Di sini gue ketemu banyak orang, banyak yang seumuran tapi…


Seperti yang pernah gue tulis dalam wadah ini, perlahan gue telah lepas dari kegiatan pemutaran film. Hal ini pada dasarnya lebih karena keadaan yang tidak diinginkan oleh gue pribadi.

Setelah diberi kesempatan berpikir melali pandemi, beristirahat dan lebih banyak memikirkan seputar masa depan, saya pun cendrung merasa lega telah lepas dengan kegiatan ini. Selain soal, kegiatan ini membutuhkan tenaga ekstra.

Rasa-rasanya, ada status quo dua pihak yang gue kukuhkan melalui kegiatan pemutaran alternatif. Soal kesederhanaan, soal realisme dan beberapa hal lainnya. …


Lima Hari Maraton 5 Musim Attack on Titan

Ambil foto sendiri karena sebelumnya submit foto anime di artikel ditolak redaksi karena hak cipta, tapi abis itu ditolak juga jadi ya udahlah.

Pekan lalu saya coba menyempatkan diri melanjutkan nonton Attack on Titan, serial animasi Jepang (anime) adaptasi dari komik Jepang (manga) karya Hajime Isayama. Sebuah anime yang gaungnya amat terasa, apalagi bagi mereka yang lumayan bersentuhan dengan berbagai individu pengikut budaya populer. Sesungguhnya sekitar sembilan tahun lalu saya sempat menonton anime ini beberapa episode awal, tapi karena masih saat itu masih on going pengalaman menonton ini praktis terputus begitu saja. Terlebih karena kemudahan akses menonton tidak seperti saat ini di mana judul ini bisa ditonton di Netflix.

Beberapa hiruk pikuk tentang serial anime…


The time human gets comfortable being a middlemen

The time human gets comfortable being middlemen, the will start to getting careless about how things would lead to progress.

What they…


Sering kali diingatkan kalau eksposur pertumbuhan pribadi tidak selalu seindah apa yang bisa dicapai konsep AKB/JKT48 yang didukung oleh orang banyak karena melihat mereka bertumbuh, rutin berlatih, belajar dan jadi lebih baik lagi hari demi hari.

Pernah saya ketemu posting Tiktok tentang kecendrungan orang yang lama kenal dengan kita dan tumbuh bersama merespon bagaimana kita tumbuh dan menjadi. Rasa-rasanya apa yang dijelaskan orang ini (Mas Bram, digital marketing) cukup masuk akal.

Beberapa kali saya merasa relate tentang mengapa membuat konten di Tiktok lebih menyenangkan ketimbang di Instagram. Kenapa berbagi pada orang asing yang kebetulan melihat dan tidak kenal siapa kita…


Ada sebuah pandangan tentang cerewetnya mulut perempuan dan bagaimana perempuan tidak bisa diam. Apabila ada mitos yang terbukti salah dengan adanya teknologi khususnya teknologi komunikasi, salah satunya yaitu mitos tersebut.

Telah lama ditelaah fenomena podcast dan banyaknya para laki-laki membuat podcast telah membuktikan rapuhnya mitos ini. Itu satu hal. Hal lain yang saya temukan yaitu di medium-medium diskusi audio lain seperti clubhouse dan juga yang saya ikuti belakangan daan akan lebih saya bahas yaitu Twitter Space, sebuah fitur baru dari Twitter yang memungkinkan terjadinya diskusi secara audio antar pengguna.

Twitter Space dalam hal ini lebih mempertegas mitos tersebut dibandingkan dengan…


I just lost another uncle of mine yesterday. A close friend to my dad, another example that I look up to when it comes to big words like “selesai dengan diri sendiri”.

He’s a lovely person and showed affection woth his own way. He’s caring to me and I knew it by the way he called me everytime we met. He used to call me “Panjoss”.

Anyway, these uncles of mine are more than just uncles to me. Especially that I lost my dad when I reached 20.

Many times I wondered that, it might be when I’m at my…


Hari Sabtu ini seharusnya bisa santai-santai, namun ada satu dan dua hal yang membuat kepala ini berputar berpikir masak-masak. Walau saya pribadi tidak melihat dengan hal yang sama, banyak yang berpikir, saat ini Indonesia kembali pada lantai dasar satu tahun lalu dengan meledaknya angka penyebaran COVID-19. Ditambah, sumber yang tidak biasa yaitu serial The Naked Director, bukannya membuat tubuh beristirahat, namun kepala jadi otomatis berpikir ke depan.

Saat saya menulis ini saya baru saja selesai di episode ketiga. Di situ Muranishi menggelontorkan uang yang banyak untuk berinvestasi. Ia tahu bahwa ada hal yang harus dikembangkan lebih lanjut agar hal yang…


Penggemar sepakbola terutama dari tahun 90-an tentu mengenal nama ini. Bagi penggemar timnas Italia, dia bagaikan Maradona-nya Italia, salah satu fantasista nomor 10 murni yang pernah dimiliki oleh Italia dan karena genetik dan juga sistem sepakbola modern, tidak akan lagi ada pemain seperti dirinya, bahkan di tanah kelahirannya sendiri. Pemain yang digadang-gadang menjadi penerus, sekaligus juga menyingkirkan tempatnya, seperti Del Piero dan Totti merupakan pemain berbeda walau tentu sebagai pemain yang lebih muda ada pengaruh kuat dari gaya Baggio bermain.

Baggio sebagai seorang fenomena, naik turun dalam berkarier dan juga konflik dengan berbagai pelatih coba dirangkum melalui film biopik Baggio…


Tulisan terbaru saya perihal semakin diminatinya program pasca-sarjana, terutama di masa pandemi ini. Namun apa yang terjadi ketidaksesuaian antara yang diharapkan dengan yang didapat kemudian setelah jenjang tersebut? Dalam ekonomi…

Panji Nandiasa

Tulisan-tulisan impulsif dan reaktif. Catatan menjadi, dan pengingat tidak ingin jadi apa.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store